Friday, April 13, 2007

FROM PLAGIARISM* TO RAZMUS (RAZIA MUSIMAN)

FROM PLAGIARISM* TO RAZMUS (RAZIA MUSIMAN)

Hari sabtu last week, sewaktu duduk depan tivi sambil ganti-ganti siaran teve aku melihat sebuah sinetron yang ga pernah diikuti dari awal, sekedar iseng aja gitu! Ceritanya tuh cewek nyamar jadi cowok en tukeran ama adiknya yang laki-laki karena naksir ama seorang cowok, plus nih cewek suka sepak bola and tinggal diasrama. Ga perlu waktu lama bagi aku untuk menebak bahwa sinetron tersebut “mirip” ama film She’s the man…. Is this just an incidentally or plagiarism?! Well, even though I’m not an expert critics it makes me over-reacted on this situation. The question is why can’t we make a different story on the same theme? Is it difficult?

The answer is in commercialism still at the top in entertainment industries. People only wants to see the things that they’ve already known. Sebelumya, maaf kalau post yang ini rada-rada ngritik, but we should be a critical person right?!

….

Berikutnya, on Thursday this week aku jalan-jalan kesalah satu mall “serba ada deh!” yang menjual barang-barang grosir. Aku kesana mo beli peralatan ATK yang udah mo habis en sekalian mo lihat2 dvd ‘bajakan’ yang baru. Eh tiba dilokasi kok kiosnya pada tutup semua ya?!!! Usut punya usut katanya habis ada razia….dulu juga gitu pernah ada razia pada tutup semua, a week later taadaaa udah mulai buka semua..ck..ck..Razmus! sebenarnya emang sih sungguh-sungguh merugikan banget ngelakuin piracy. Udah suatu company rugi, Negara juga rugi..tapi apa sih penyebab maraknya piracy di Indonesia?menurutku sih salah satunya adalah besarnya beban cukai menyebabkan harga sekeping DVD bisa ampe ratusan ribu rupiah, membuat kita jadi rada mikir untuk beli yang asli. Toh juga tidak ada perbedaan yang terlalu jauh antara asli dan bajakan. Biasanya, hanya pada kualitas suara dan fitur tambahan dalam DVD original yang ga ada di DVD bajakan. Selain itu lambatnya film-film baru yang masuk ke Indonesia membuat movigoers “gregetan” nunggu. Last but not least, tidak semua film luar masuk Indonesia, terkhusus film-film festival atau film-film box office yang ga komersial. Bayangkan, kemanakah kita harus mencarinya kalo filmnya aja ga masuk Indonesia..ujung-ujungnya pasti nyari bajakannya kan?!!ahh...cape’ deh

$$$

Post yang ada di blog ini sebagian juga dimuat dalam blog ku yang ada di LINK CYRCLE. please visit my blog and add some comments for the blogs development. Thanks for stopping by at my humble blog, chuzz!

No comments: